Short Travel Story Menikmati keindahan Air Terjun Saluopa

Indahnya Air Terjun Saluopa

Ketika Berkunjung ke Tentena Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, sangat di sayangkan jika anda melewatkan kesempatan untuk melihat pesona alamnya yang Indah, Mulai dari Wisata Goa, Danau Poso, dan Juga Wisata Air Terjun Saluopa yang sangat Indah, Sebuah Pahatan Alam Karya Sang Pencipta yang Maha Indah, dikelilingi dengan rimbunnya Pohon-pohon berusia ratusan tahun, suara kicauan burung dan Orkestra Tonggeret menjadi musik yang berpadu harmonis dengan suara jatuhan Air. Sungguh Cerita Perjalanan yang harus saya bagikan walau dengan keterbatasan kata untuk mendeskripsikan keindahannya.

mytravelandscape/air terjun saluopa
salah satu angle air terjun saluopa/credit: mytravelandscape

Dimana Lokasi Air Terjun Saluopa?

Air terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. sekitar 15 Km dari Pusat kota Tentena dengan Jarak tempuh sekitar 30 menit. Sedangkan jika anda start dari Kota Poso butuh waktu sekitar 1-2 jam untuk menuju Destinasi Wisata Air terjun Saluopa.


Saya Tiba di Air terjun ini dari kota Poso sekitar Pukul 08.30, Petunjuk Google Maps Membawa saya tepat di Lokasi Air Terjun Saluopa, Selesai memarkir kendaraan saya tidak ada orang yang berjasa di Loket, mungkin karena saat itu masih Pagi hari. 

mytravelandscape/gerbang masuk arter saluopa
Jalan menuju Air terjun/credit: mytravelandscape


Gerbang Masuk di buat cukup menarik dengan sebuah jembatan kayu melintasi sungai kecil yang juga merupakan Aliran dari Air terjun ini. Cukup berjalan selama 15 menit melewati jalan setapak beton dan di pinggirnya ditanami Komoditas Utama Kabupaten Poso yaitu Coklat. Terdapat beberapa rumah warga di kompleks Wisata Ini, ada beberapa Rumah Makan dan Warung kopi yang tersedia. Beberapa Tanaman Hias juga menghiasi jalur Menuju Air Terjun, seperti Anggrek Hutan dari Poso yang sangat terkenal. Bagi Yang belum mengetahui di kabupaten Poso Terdapat banyak sekali Varietas Anggrek Hutan bahkan saking Indah dan Bervariasinya Anggrek di sini, Ibu Tien Suharto sampai menggagas untuk di bangun Taman Hutan Anggrek Bancea.

Melanjutkan Perjalanan, kita akan melewati beberapa fasilitas Toilet, yang cukup bersih dan terawat. Terdapat beberapa Spot untuk Selfie dan beberapa Gazebo yang sengaja dibuat untuk mengunjung melepas lelah berjalan atau sekedar menikmati panorama alam disekitar.
Banyak sekali Pohon-pohon Tinggi dengan batang yang sangat Besar, menandakan Pohon ini mungkin sudah berusia cukup tua bahkan sampai ratusan tahun mungkin.
mytravelandscape/pepohonan di arter saluopa
Pepohonan di Lokasi/Credit : mytravelandscape


Dari Kejauhan Saat Air Terjun Saluopa mulai terlihat dibalik celah pepohonan, saya dibuat kagum  betapa besarnya dan tingginya air terjun ini, terdapat beberapa tingkatan dimana setiap tingkatan memiliki Cascade yang bervariasi tingginya. Beberapa Fasilitas untuk selfie terlihat seperti masih baru, sengaja di persiapkan untuk menyambut Festival danau Poso yang sudah berlangsung beberapa saat lalu. 
Fasilitas Gazebo/credit mytravelandscape


Fasilitas selfie/credit mytravelandscape


Dibagian Depan Air terjun dibangun tangga beton yang menyatu dengan jalan setapak yang saya lewati tadi, terdapat beberapa jembatan, dan disebelah kirinya dibangun juga tangga menuju puncak air terjun, saya ngurungkan niat untuk menuju bagian atas air terjun karena saat itu debit air cukup deras sampai membentuk air terjun baru pada tangga yang biasa di lewati untuk menuju ke atas air terjun. Jika memaksa sudah pasti saya akan basah kuyup diguyur derasnya air.

mytravelandscape/arte salu0pa
Air terjun Saluopa/credit : mytravelandscape

Bagaimana Air Terjun Saluopa di mata Landscape Photographer?

Sebagai seorang landscape photographer, air terjun ini memiliki ratusan angle komposisi Foto yang bisa di coba, namun terdapat 1 kelemahan dari air terjun ini terutama saat cuaca cerah dengan matahari bersinar terik, yaitu tingginya perbedaan Kontras antara Highlight dan Shadow sehingga untuk mendapatkan foto yang sempurna harus di lakukan Post processing atau menggunakan Filter GND. Namun cara kedua dengan filter GND 4 stops + ND 64 masih tidak mampu menjembatani perbedaan kontras yang tinggi. beberapa foto saya yang hanya menggunakan Smartphone tidak mampu memproses kedua informasi tersebut secara bersamaan. Jadi harus di akali pada saat post processing dengan metode blending.
Oyah, beberapa fasilitas untuk selfie juga menurut saya sedikit merusak keindahan dan kealamian dari Air terjun ini. Alhadulillah saat itu pengunjung hanya saya seorang, bersama Bapak Tua yang sedang membangun Gazebo, karena jika pengunjung sedang ramai, saya yakin foto yang ada banyak "Bocor" karena pengunjung yang selfie. hehehehe.

Apa saja Fasilitas di Air Terjun Saluopa?

Fasilitas Parkir yang disediakan Cukup Luas, Ada penjual makanan dan Minuman, sudah dibangun banyak sekali Gazebo, dan juga Fasilitas Toilet dan kamar ganti. Ketika saya berkunjung tempat sampah yang disediakan dilokasi sudah sangat penuh dan bau. lalu terdapat beberapa Sampah plastik bekas makanan ringan yang dibuang sembarangan. 

Berapa Harga Tiket Masuk?

Pagi itu saat masuk tidak ada petunjuk harga tiket dan parkir di Post Tiket. dan tidak ada juga orang yang berjaga disitu. Namun saat saya selesai berkunjung di Air terjun Saluopa, Penjaga loketnya sudah ada, saya di minta membayar 15 ribu rupiah untuk 1 orang dan biaya parkir. Saya membayar 20ribu karena Penjaganya tidak memiliki uang kembalian. Cukup Murah untuk ukuran destinasi wisata yang memiliki fasilitasn cukup komplit.

Kenapa Anda Harus Berkunjung di Air Terjun Saluopa?

Air Terjun ini memiliki panorama alam yang indah, Fasilitas yang disedikan juga cukup lengkap, anda bisa selfie, mandi di aliran sungainya, melakukan Piknik bersama keluarga, atau hanya sekedar duduk rileks menikmati keindahan alam yang menyegarkan pikiran atau oleh anak muda sekarang menyebutnya sebagai "healing". hehehe
satu lagi mengapa air terjun Saluopa cocok untuk siapa saja yaitu medan yang harus di lalui adalah yang sangat mudah untuk ukuran air terjun yang indah. Anda bisa mengajak anak anda dan  mengajarkan anak kecil untuk mengenal alam, atau bisa membawa orang tua yang tidak mampu untuk berjalan jauh untuk ikut berlibur disini. Cocok untuk semua umur. Di beberapa lokasi air terjun masih banyak yang belum memiliki fasilitas yang sama.
mytravelandscape/air terjun saluopa
Air terjun Saluopa/credit :mytravelandscape


mytravelandscape/air terjun saluopa
Air terjun saluopa/credit :mytravelandscape


mytravelandscape/akar pohon
Akar pohon sabagai frame/credit :mytravelandscape


Demikian sedikit Travel story kunjungan singkat saya ke Air Terjun Saluopa. Sudah cukup lama saya ingin mengunjungi air terjun ini namun baru kesampaian sekarang bersamaan dengan menyelesaikan Road trip Lintas Sulawesi . Jika anda menyukai Tulisan pada blog ini, support selalu blog mytravelandscape ini dengan berlangganan, komen, like, share. Berikan masukan anda untuk blog ini pada kolom komentar agar Blog ini semakin berkembang menjadi lebih baik. Salam sehat Selalu/(R.O)
Next Post Previous Post
6 Comments
  • Rendy Olii
    Rendy Olii 12 November 2022 pukul 22.23

    Thanks

  • Anonim
    Anonim 13 November 2022 pukul 18.25

    Keren kak

  • Anonim
    Anonim 14 November 2022 pukul 18.10

    Nice Info. Masih alami ya

  • Mamak Rainbow
    Mamak Rainbow 14 November 2022 pukul 18.18

    Informasinya lengkap dan fotonya keren, makasih ya mas 😍😍

  • Anonim
    Anonim 14 November 2022 pukul 18.58

    Masya Allah luar biasa, tempat nya keren2 dan foto2 dan caption nya informatif amazingπŸ™πŸ‘

  • T5widodo
    T5widodo 14 November 2022 pukul 19.01

    Super keren View dan mantab shotnya

Add Comment
comment url