Mengenal Aturan sunny 16 Pada Fotografi

Apa Itu Aturan Sunny 16?

Aturan Sunny 16 adalah panduan untuk mengekspos dalam fotografi. Aturan ini diciptakan oleh Fotografer film saat kamera belum dilengkapi dengan metering sistem yang canggih seperti pada kamera digital saat ini. Prinsip yang digunakan untuk Aturan sunny 16 adalah berdasarkan pada fakta bahwa mata manusia melihat cahaya secara logaritmik, jadi perubahan kecil pada eksposur akan membuat perbedaan besar pada kecerahan foto yang tampak bagi kita. Aturan Sunny 16 menyatakan bahwa saat memotret di luar ruangan pada hari yang cerah, anda harus menyetel kamera ke aperture f/16 dan kecepatan rana 1/100 detik, Iso 100. Ini akan menghasilkan gambar dengan eksposur yang tepat.

https://assets.photographycourse.net/sunny-16-rule.jpg
sunny 16 rules/source : photographycourse.net

Siapa Penemu Aturan Sunny 16?

Mengenai siapa yang menemukan metode aturan sunny 16, masih menjadi perdebatan. Namun aturan ini sudah ada sejak tahun 1930-an saat film fotografi mulai populer. Saat itu para fotografer menggunakan Lightmeter untuk menentukan Kecepatan rana, dan bukaan lensa yang tepat untuk suatu scene foto. Karena menyita waktu dan sangat tidak mungkin digunakan secara cepat, maka dibuatlah aturan sunny 16 ini berdasarkan atas Pola dan pengalaman fotografer film saat itu. Aturan ini kemudian diteruskan secara turun temurun kepada sesama fotografer dan dijadikan Acuan dasar sampai Metering system pada kamera mulai di gunakan. 


Apa Aturan Sunny 16 Masih Relavan saat ini?

Saat ini kamera digital dilengkapi dengan Sensor dan metering system yang sangat canggih dengan fitur-fitur otomatis sehingga kebutuhan akan metering sudah tidak terlalu dibutuhkan seperti dahulu, namun bagi para fotografer sangat penting untuk dipahami mengenai prinsip Sunny 16 sama pentingnya dengan memahami konsep segitiga eksposure, karena dengan aturan ini kita bisa memahami eksposur fotografi secara tepat serta Korelasinya dengan suatu scene foto terutama saat memotret scene foto daylight.
Aturan Sunny 16 masih digunakan oleh fotografer kamera analog atau kamera film, sebagai dasar saat lightmeter kamera rusak atau bermasalah.

Aturan sunny 16 penting untuk dipahami oleh para fotografer atau anda yang ingin belajar mengenai fotografi karena merupakan salah satu prinsip-prinsip dasar dalam ilmu Fotografi.

Demikian Tips fotografi ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar lebih dalam mengenai fotografi. Jika anda menyukai tulisan ini tinggalkan komentar, like, share serta berlangganan agar anda tidak ketinggalan artikel-artikel terbaru dari blog ini. (R.O)

 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url