Cara Upgrade Fitur Camera Canon Jadul anda Dengan Magic Lantern

Upgrade Fitur Kamera Lama 

Bagi anda yang menggunakan kamera Canon Jadul dan sedang menabung untuk melakukan upgrade dengan kamera keluaran terbaru dengan fitur-fitur yang lengkap. Ada nih cara untuk memperpanjang umur kamera jadul anda menjadi seperti kamera baru dengan Fitur-fitur yang cukup mumpuni terutama untuk Video dan Photography. Caranya adalah dengan Menginstal Magic Lantern.



Apa Itu Magic Lantern?

Magic Lantern adalah sebuah Firmware Software Add-on yang berjalan pada Kartu SD/CF dan menambahkan beberapa Fitur baru pada Kamera Canon EOS yang tidak di sertakan pada Firmware bawaan Pabrik.
logo magic lantern source wikipedia.org

Kamera Canon Apa Saja Yang Sudah Di Support?

Cukup banyak jenis kamera yang sudah di support oleh Magic Lantern yaitu ;
Canon 5D mark II, 5D mark III, 6D, 7D, 50D, 60D, 500D/T1i, 550D/T2i, 600D/T3i, 650D/T4i, 700D/T5i, 1100D/T3, EOS M. ( Lihat Full list pada Halaman Berikut)

Fitur Apa Saja Yang Ada?

Cukup banyak fitur yang tersedia bisa anda lihat pada list berikut ini. Penulis sendiri belum mencobanya satu persatu, terutama Fitur pada Video,  namun untuk membantu fotografi  Landscape, penulis menginstal Magic Lantern pada kamera 600D. 
Tambahan Fitur seperti ;
Kelvin dan Custom White Balance, Auto ETTR, Dual ISO, Focus Peaking, Bracketing, In-camera Intervalometer, Dan yang Utama Custom Bulb Timer yang bisa di setting sesuai kebutuhan tanpa perlu lagi membawa remote Shutter untuk Memotret Long Exposure Photo.

https://magiclantern.fm/img/screenshots/menu_shoot.png
fitur shot pada magic lantern source 


Cara Menginstal Magic Lantern

1. Download Software Magic Lantern di link berikut.

Perlu Penulis Tegaskan sebagai Disclaimer bahwa Software ini tidak di endorsed oleh Canon, dan menggunakannya sangat mungkin menghilangkan Garansi, penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada kamera, atau Kartu Memori anda. Try with your own Risk!


2. Persiapkan Kamera yang akan di Install magic Lantern, pastikan battery kamera sudah FULL CHARGED, Putar Dial Ke Mode Manual (M), di rekomendasikan untuk Kembali ke setting awal kamera caranya dengan Clear Setting.

3. Format Kartu Memori yang akan di Install Magic Lantern. Kemudian Unzip semua file yang sudah anda download tadi pada bagian root memori card.

4. Pasang kembali Memori card anda, nyalakan kamera kemudian jalankan Firmware Update pada Menu. Jika sudah muncul Tulisan hijau "please restart your camera" berarti proses instalasi sudah berhasil, silakan restart kamera anda.

source magic lantern


5. Untuk mengakses menu Magic Lantern tekan Tombol Keranjang Sampah.


Catatan Penting!

  • Gunakan Fitur yang anda butuhkan saja, karena beberapa fitur yang masih tahap percobaan bisa mengganggu Kinerja kamera anda.
  • Jangan menghapus files Magic Lantern pada Kartu memori. 
  • Untuk Uninstall cukup Format saja Kartu memori pada kamera dengan pilihan " Format Card, Remove Magic Lantern).
  • Lakukan Percobaan anda atas resiko pribadi penulis tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada memori dan kamera anda. Berikut Instalasi Guide dan User Guide dari Magic Lantern


Selama 4 tahun Penulis menggunakan Magic Lantern tidak pernah ada Masalah, Namun setiap orang memiliki kondisi awal kartu memori dan kamera berbeda-beda. Install Magic Lantern pada Memori card cadangan anda yang Kosong tidak ada File penting didalamnya, mencegah jika terjadi kesalahan dalam proses instalasi sehingga membuat anda harus memformat kartu memori anda. 
setelah terbiasa menggunakan Magic Lantern anda pasti enggan untuk kembali ke firmware bawaan canon, karena terbiasa dengan fitur-fitur yang biasanya hanya ada di kamera terbaru saja.

Silakan untuk mencoba, Jika ada pertanyaan kirimkan komentar anda di Bawah atau Gunakan Tombol Live Chat, penulis dengan senang hati membantu.
Support Blog ini untuk tetap produktif berbagi tips-tips seputar fotografi atau travel story lainnya, dengan cara  like, share, dan Subscribe. (R.O)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url